Share

>

Wednesday, March 8, 2017

Langkah-langkah teknik pengecoran (video)

Dalam ilmu teknik mesin pasti pernah belajar ilmu logam, bidang ini sangat penting karena erat kaitannya dengan proses pembetukkan suatu bahan dasar atau bentuk yang tersemat di dalamnya beberap aspek penting yang tidak boleh dilupakan seperti aspek kekuatan, estetika dan lain - lain. Dalam proses pengecoran logam banyak dibahas tentang cara pengecoran itu sendiri dan aspek struktur mikro dari proses
Bahkan logam karena uniknya sangat berbeda dalam struktur mikronya jika diberi perlakuan yang berbeda, berikut saya sisipkan hasil penelitian saya mengenai struktur mikro dari beberapa logam dari proses perlakuannya yang saya teliti dengan menggunakan mikroskop dari beberapa perlakuann yang berbeda
- Proses deformasi :

aluminium setelah dideformasi x 10


aluminium setalh dideformasi x 20

stainless steel setalah didefromasi x 10

stainless steel setalah didefromasi x 20


Kembali ke pembahasan pengecoran dimana proses pengecoran membutuhkan beberapa bagian yang pasti ada yaitu tungku, sumber panas, logam yang dilebur, cetakan dan proses finishing. Berikut ini akan saya sampaikan beberapa hal pengecoran dengan menggunakan cetakan pasir, cetakan pasir merupakan cetakan non permanen artinya cetakan ini hanya untuk 1 kali pakai saja. Cetakan pasir ini sangat mudah dibuat tapi tidak sembarangan, sebenarnya kalau menurut saya pribadi untuk membuat cetakan pasir ini membutuhkan 2 skill, yaitu dari teori dan pengalaman, teori dibutuhkan karena ada beberapa komposisi yang berbeda untuk pembentukan cetakan, misal cetakan yang membutuhkan logam dari aluminium komposisi yang digunakan pasti berbeda dengan komposisi untuk cetakan dari besi, komposisi ini terdiri dari bahan inti dan tambahan (pengikat/air), pengalaman sangat dibutuhkan untuk menguatkan feeling kita terhadap tingkat kebasahan dari suatu cetakan, karena tidak boleh terlalu basah dan tidak boleh terlalu kering.

Beberapa langkah - langkah dalam proses pengecoran akan saya hadirkan dalam video berikut ini :

Proses persiapan tungku



Proses penuangaan cairan logam



Proses finishing





Yap, itulah beberapa ilmu yang saya sharing hari ini, mudah-mudah berguna untuk menambah wawasan bagi rakyat Indonesia tercinta. Aamiin..





No comments:

Post a Comment