Share

>

Sunday, February 7, 2016

Contoh Desain Mesin Dengan Google Sketch Up (Mesin Pertanian)

Contoh Desain : Mesin Pemotong Tebu Sekaligus Pemeras


DASAR PEMBUATAN MESIN.

 Kita tahu bahwa dalam pemanenan tebu para petani tebu biasanya menyewa seorang penebang yang membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Karena dalam pemanenan tebu hasil panenan tersebut harus diangkut ke pabrik untuk diolah / digiling sari – sarinya untuk diolah menjadi gula atau produksi yang lainnya, tentu saja pengangkutan harus membutuhkan alat transportasi seperti yang biasa digunakan yaitu truk, bahkan tidak jarang truk yang digunakan lebih dari 1 unit, terkadangpun truk bisa lebih dari 2 unit apabila lahan tebu yang dipanen sangatlah luas. Selain ditinjau dari banyaknya biasa untuk alat transportasi hasil panen ke pabrik petanipun tentu harus menanggung biaya pekerja penebang tebu yang biasanya untuk satu areal lahan tebu satu kelompok pekerja penebang terdiri dari 8 – 10 orang.
Berdasarkan hal – hal tersebut alangkah sangat membantu bila para petani tebu menggunakan mesin penabang tebu sekaligus pemeras ini untuk proses panen mereka, Oleh karena itu mesin tebu ini bisa menjadi solusi yang baik bagi para petani tebu untuk menghemat pengeluaran yang biasa dikeluarkan pada saat musim tebang / musim panen tiba.

Selain itu para penggunaan alat ini pada dunia pertanian membantu meningkatkan daya piker masyarakat petani khususnya tentang pengetahuan teknologi di bidang permesinan, karena petani harus tahu tentang cara penggunaan mesin, harus mengetahui tentang bagian – bagian  mesin agar bisa mengatasi bila terjadi kerusakan, mengetahui system dan cara kerja mesin dan beberapa hal lainnya.

BENTUK MESIN

A.    KONSTRUKSI MESIN.
Berikut merupakan wujud dari desain mesin penebang tebu sekaligus pemeras yang bisa dilihat sebagai berikut :





Mudah banget bikin desain dengan sketch up, modalnya hanya kreatif, selamat belajar....!!!!

No comments:

Post a Comment