Share

>

Wednesday, August 12, 2015

Efisiensi mesin otto Vs diesel

Kenapa efisiensi thermal otto lebih besar daripada efisiensi thermal diesel?
Perbandingan efesiensi antara mesin diesel dengan mesin bensin
 adalah terletak pada nilai suku yang ada didalam kurung dimana nilainya selalu lebih besar dari satu. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa jika perbandingan thermal antara mesin bensin dan mesin diesel pada keadaan yang sama maka efisiensi thermal mesin bensin lebih tinggi dibanding mesin diesel 


     Didapat darimana jawaban tersebut?

  JAWABAN :
Pada mesin bensin, yang dikompresi adalah campuran udara-bensin dan besarnya perbandingan kompresi dibatasi oleh temperatur terbakarnya bensin. Pada mesin diesel, yang dikompresi adalah udaranya saja sehingga mesin diesel dapat didesain pada perbandingan kompresi yang tinggi, antara 12 sampai 24. Proses injeksi bahan bakar dimulai pada saat piston hampir mencapai titik mati atas dan masih berlangsung beberapa saat setelah piston mencapai TMA. Oleh karena itu, proses pembakaran pada mesin diesel terjadi pada interval waktu yang relative panjang dibanding dengan mesin bensin. Dengan interval waktu pembakaran yang relatif panjang tersebut, maka proses pemasukan panas didekati (approximated) sebagai proses tekanan konstan, sedangkan tiga proses lainnya sama dengan mesin bensin.



Dari perhitungan diatas dan dari penjelasan bahwa pembakaran gas dilakukan dengan memberikan kompresi hingga tekanannya tinggi dan Untuk perbandingan tekanan yang sama , mesin Otto mempunyai efisiensi yang lebih besar dibandingkan dengan mesin Diesel karena itu diesel bekerja pada perbandingan tekanan yang tinggi untuk mencapai efisiensi yang tinggi.maka dapat disimpulkan kenapa efisiensi otto > diesel.


No comments:

Post a Comment